| UTAMA | | ENGLISH | | BERITA FOTO | | ULASAN | | DIALOG | | REDAKSI | | RISET - POLLING |

07 Agustus 2008

Empat Puluh Makanan Asli Indonesia Tembus Pasar Eropa

(jakarta)- Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengatakan saat ini ada 40 item makanan asli indonesia yang sudah bisa menembus pasar eropa melalui jaringan Hypermarket Carefour Perancis.

"Artinya makanan -makanan indonesia sudah mulai memenuhi standar internasional seperti packaging dan labeling agar bisa masuk ke ritel modern," ujar Mari kepada wartawan di Hotel Four season , jakarta,Kamis (7/8).


Menurut mendag, salah satu target penyelenggaraan bukan kreatif Indonesia program 'Pangan Nusa' adalah untuk mendorong UKM produsen makanan olahan dan siap saji agar bisa memenuhi standar pemasaran dan distribusi untuk ritel modern.

"Yang ingin kita capai dulu adalah untuk standar terima di ritel modern di Indonesia dalam jangka pendek. Makanya kita bekerjasama juga dengan Giant dan Hero untuk melakukan pelatihan standar baik pengemasan maupun packaging dan labeling," jelas Mendag.

Menteri juga mengatakan program promosi makanan asli indonesia belum akan bisa menyaingi seperti apa yang sduah dilakukan di thailand hingga saat ini sduah bisa mempromosikan makanan aslinya, dengan membuka 12 ribu restoran Thailand di seluruh dunia.

"Kita belum akan sampai ke visi seperti Thailand, itu perlu waktu minimal 10 tahun promosi dan perlu dukungan dari pemerintah dengan dana," pungkas Mendag. (Adi)

Tidak ada komentar: